Habermas dan Keyakinan Agama

habermasJurgen Hebarmas mengisyaratkan adanya Komunikasi Emansipatoris dalam mengungkap pengetahuan (yang tentunya berujung pada kebenaran). Akan tetapi Komunikasi tersebut haruslah komunikasi tanpa dominasi/kekuasaan. Dimana salah satu menguasai yang lain. akan tetapi berdiri sejajar kemudian berkomunikasi.

Seharusnya dengan tampilan agama dalam wujud yang beragam seperti sekarang ini. Komunikasi tanpa dominasi menjadi sangat penting dalam mencapai pemahaman dan pemaknaan agama yang benar. dimana masing-masing ide/interpretasi, keyakinan, mazhab, aliran dll berdiri yang sama dalam mendialogkan kebenaran itu. tanpa ada perasan mendominasi satu sama lain.

Akan tetapi perjalan keragaman wujud keagamaan kita sekarang dirusak oleh sikap benar sendiri sehingga memandang opini, pemahaman yang lain rendah dan perlu diluruskan, yang ada bukan lagi berdiri setara akan tetapi “memaksa” kelompok lain berada dibawah subordinasi atas keyakinan kita. dan semakin buruk ketika kekerasan pun dibenarkan dalam komunikasi ini.

Bahasa kekerasan menjadi alat untuk memberikan pemahamn kepada orang lain, bukan lagi rasionalitas dan argumentasi. Akibatnya agama menjadi sangat zalim dan menjadi alat merebut kekuasaan dan alat untuk mempertahankan kekuasaan

Iklan

Tentang laboratoriumpencerahan

I'm a student......
Pos ini dipublikasikan di Kajian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s