Kesalahan Penafsiran

Walaupun kebenaran itu dari Tuhan, akan tetapi ia tetap memiliki peluang/potensi untuk disalahpahami oleh penganutnya. Dan sejarah membuktikan bahwa 25 Nabi yang diturunkan adalah untuk memperbaiki pemahaman dan penafasiran pengikut kebenaran yang telah keliru.

Turunnya Nabi tidak hanya proses penyempurnaan atas kebenaran, akan tetapi diangkatnya Nabi adalah Respon terhadap kesalahan dalam penafsiran kebenaran yang kemudian diwujudkan dalam prilaku. Akan tetapi sejarah pun mencatat bahwa walaupun Nabi telah diangkat, para penganut penafsiran yang keliru itu ada yang tetap bertahan dengan penafsirannya.

Artinya keberadaan Nabi pun tidak menggoyahkan keyakinan mereka terhadap penafasirannya tersebut.

Sekarang….

  1. Islam sebagai ajaran terakhir yang dibawa oleh Nabi yang terakhir, apakah tetep memiliki potensi untuk disalahtafsirkan sehingga melahirkan ajaran yang yang keliru ? jawabannya ya. Sesuci-sucinya Islam, semulia-mulianya Islam dan semudah-mudahnya Islam, ia tetap memiliki potensi untuk disalahtafsirkan.
  2. Berdasarkan pengalaman sejarah, maka akan tetap ada orang-orang yang menganut ajaran salah menafsirkan kebenaran tersebut. Dimana para Nabi pun akan mereka tolak ketika datang untuk meluruskan penafsirannya.
  3. Keyakinan terhadap ajaran (yang salah tafsir tersebut) akan menjadi dogma, yang kemudian dipakai untuk mengukur dan menghakimi orang lain. Hipotesis ini bisa dilihat dengan sejarah kenabian, kaum Musa dengan Tauratnya (kemudian dikenal dengan Yahudi) tidak mau menerima ajaran Isa al Masih dengan Injilnya. Kemudia kaum Isa (kemudian dikenal dengan Nasrani) tidak menerima ajaran Muhammad dengan Qurannya. Dan keyakinan tersebut tetap dianut sampai akhir hayat mereka, tanpa mau berubah.

Lantas bagaimana dengan umat Islam saat ini ???? apakah juga akan mengalami kesalahan penafsiran ?

dilemanya adalah tidak ada lagi Nabi setelah Muhammad yang akan diangkat

Tentang laboratoriumpencerahan

I'm a student......
Pos ini dipublikasikan di Kajian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s