Sekilas Tentang Ritual Pengorbanan

Jika kita membaca sejarah agama-agama sejak zaman kuno….maka kita akan mendapati ritual pengorbanan hampir didalam seluruh agama yang pernah ada.

Tidak jarang kita mendapati sejarah ritual pengorbanan tersebut mengorbankan nyawa manusia (biasanya perempuan -gadis atau perjaka) dengan cara beragam, ada dengan menyembelih, mengubur, membakar atau membuang ke lubang, dll

Bahkan agama kristen pun mengadopsi ajaran pengorbanan ini dengan mengorbankan nyawa yesus di tiang salib, sebagai penebus dosa….

Jauh sebelum yesus lahir….Ibrahim pun mendapatkan visi/perintah dari Tuhan untuk mengorbankan ismail dengan cara disembelih dan Ibrahim melakukan itu, kemudian sebagaimana diketahui Ismail digantikan dengan seekor Domba….

Dari mengorbankan Manusia menjadi mengrobankan binatang…..

Dari pengorbanan untuk Tuhan (sebab korban Manusia tidak bisa dimakan sebab suci) menjadi pengorbanan untuk manusia (sebab daging dibagi-bagi dan dikonsumsi)

Tapi sekarang ritual pengrobanan itu justru memakan korban yang lain, yakni nenek-nenek dan anak-anak yang harus antrian dengan waktu lama, terjepit, terhimpit, jatuh, terinjak bahkan ada yang harus mengorbankan nyawanya (ingat kasus pembagian zakat 2008)………..

Tentang laboratoriumpencerahan

I'm a student......
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s