Berbagi Fenomena Penampakkan

Dua minggu terakhir masyarakat Indonesi dihebohkan oleh penampakkan makhluk ghaib yang tertangkap olej kamera, tuyul, poocong, kuntilanak.

Dan menurut sebuah stasiun TV penampakkan tersebut dalam setahun terkahir sudah mencapai puluhan kasus. Entah apa benar-benar penampakkan atau rekayasa penampakkan.

Akan tetapi berita-berita di TV tersebut memicu ingatan saya pada pengalaman beberapa tahun yang lalu…….

Begini ceritanya………..au….

au…auuuuuuuu……ini suara anjing yang melolong, bukan suara kucing yang kejepit (untuk menambah daya seramnya) dan perlahan terdengar musik yang membuat bulu kuduk berdiri…….

Waktu itu saya sedang menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk menyelesaikan kuliah S1.

Daerah tempatku KKN, tiap hari ada pasar rakyat/tradisional, akan tetapi berpindah-pindah, dari satu desa ke desa lain…..hari ini desa A besoknya desa B….begitu seterusnya selama sepekan…..

Dengan begitu…..sejak dini hari sampai pagi, aktivitas para pedagang mulai ramai untuk memindahkan dagangannya.

Jadi setiap subuh saya selalu mendengar suara-suara aktivitas perpindahan tersebut, apalagi menjelang pagi seusai shalat subuh….suara-suara tersebut semakin ramai terdengar.

Saya selalu shalat subuh dikamar…dan tidak pernah ke masjid….

pertama : syetan terlalu kuat untuk membuat saya kemasjid,

kedua : Masjid tidak pernah ada shalat jamaah subuhnya, kecuali Magrib dan Isya.

Ketiga : Saya tidak mau mempelopori shalat jamaah subuh dimasjid……soalnya saya bukan orang yang betul-betul shaleh dan beriman…..Dan saya tidak mau di anggap orang shalet oleh orang-orang kampugn tempat saya KKN.

Maka jadilah saya shalat di kamar……diantara kaki-kaki teman saya…..yang kadang bergerak dengan tidak terkendali masuk ke wilayah sejadah shalat saya…..bagaikan kaki sitti aisyah yang kadang menghalangi tempat sujud Rasul dalam satu riwayat pada zaman itu……tapi sayangnya teman-teman saya itu bukan sitti aisyah.

Dan setiap shalat sampai selesai shalat…..saya selalu mendengar suara gerobak…suara dokar/delman…suara mobil….suara orang yang berbincang…dll

Awalnya semua berjalan normal……akan tetapi setelah hampir 2 minggu di lokasi KKN….saya mulai merasa ada yang janggal dari suara-suara yang saya dengar tiap subuh itu…..ada yang aneh….

saya menemukan kenyataan…..ada sebuah suara yang terdengar….tapi tidak pernah saya temui wujudnya di daerah tempat saya KKN……

Suara tersebut adalah suara dokar/delman…..tiap subuh saya mendengar suara tapak kaki kuda yang berlari…..suara ringkikan kuda…suara lonceng dokar/delman…dan suara itu jelas sekali saya kenali…..

Tapi di daerah/wilayah tempat saya KKN….tidak ada satupun dokar/delman bahkan kuda saya temui atau saya lihat….

Satu ketika….dalam suasana santai bersama teman-teman, Kepala Desa dan keluarganya serta beberapa warga…..saya langsung utarakan keheranan saya itu :

“Tiap pagi saya dengar suara dokar/delman……tapi saya tidak pernah melihat dokar/delman didaerah sini ???????

Mendengar ucapan saya itu….sontak semua yang ada disitu terdiam dan memandang saya. Melihat perubahan tersebut saya jadi semakin heran…apalagi teman-teman saya….mereka tentunya tidak pernah mendengar suara dokar/delman itu….soalnya mereka masih tidur dan seingat saya tidak pernah shala subuh selama kami KKN.

Kepala Desa kemudian bertanya mempertegas : “Betul Nang ???? Kamu dengar suara Dokar/Delman tiap subuh ??????

Iya Pak…saya dengar dan saya tidak salah itu suara dokar/delman….komplit.

Saya semakin heran…..dengan pertanyaan dari Kepala Desa itu….

” Itu Dokar/Delman ghaib” salah satu warga langsung berseru.

Kemudian Kepala Desa menjelaskan :

” Iya….itu dokar ghaib….jadi didaerah ini ada mitos….bahwa ada dokar ghaib yang selalu lewat berangkat tengah malam dan kembali lagi subuh…..tapi itu hanya cerita dan jarang orang lihat dan dengar”

“Itu kendaraan penguasa alam lain……jika beruntung….kita “katanya” bisa melihat “Rajanya” berbaju kuning emas atau “Anaknya….perempuan…cantik….panjang rambut”

kemudian berkembanglah cerita kami tersebut kepada hal-hal yang ghaib lainnya di daerah itu.

Awalnya saya takut mendengar cerita itu tapi ketika disebut…anaknya cantik dan panjang rambut….wah…saya jadi penasaran..pengen liat secantik apa anaknya….

Teman-teman saya yang se posko kecuali yang perempuan….juga akhirnya penasaran pengen dengar dan lihat dokar/delman…terutama “anaknya sang Raja”….

Maka bersepakatlah kami se-posko itu untuk bangun subuh dan menunggu doker/delman itu lewat lagi….dan berharap kami bisa melihat Anak Penguasa Alam Lain itu…….

Ketika subuh….kami semua bangun dan menunggu…dengan hati berdebar-debar….dengan membiarkan lampu tetap mati….kami menunggu….menunggu…menunggu….sampai matahri terbit…dokar/delman itu tidak pernah muncul….teman-teman saya pun kecewa berat.

Dan mulai hari itu sampai program KKN kami berakhir saya tidak pernah lagi mendengar suara Dokar/delman itu……

Tapi mulai hari itu juga……saya menempati posisi “tertentu” di mata masyarakat…apalagi di mata Ketua Adat di tempatku KKN…..

Dan saya menikmati “Posisi” itu….padahal…….. ?!?!?!?!

(Nanang Wijaya)
Iklan

Tentang laboratoriumpencerahan

I'm a student......
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s