Kita dan Buku

Jangan lihat orangnya tapi lihat apa yang dia ucapkan (Ali Bin Thalib)

Ada beberapa ciri relasi manusia dengan buku :

Ciri Pertama

Ada yang orang menerima kemudian membaca.

Jadi ciri pertama ini adalah seseorang yang sudah menerima pemikiran si penulis buku walaupun bukunya/pemikirannya belum dibaca.

Biasanya ini adalah pengikut satu kelompok, mazhab, kepercayaan, dll dan ketika bertemua dengan tokoh idolanya,dia langsung menerima.

Contoh :
Seorang pengikut Salafy ketika menemukan buku ibnu Taimiyyah, sebelum dia membaca bukunya pasti dia sudah menerima apapun yang ditulis oleh ibnu taimiyyah di buku tersebut.

Seorang pengikut Hizbut Tahrir menemukan buku Syaikh Taqiyyudin An Nabhani, sebelum ia membaca bukunya pasti dia sudah menerima apapun yang ditulis oleh Syaikh Taqiyyudin An Nabhani di buku tersebut.

Seorang pengikut mazhab ahlul bait imamiyyah menemukan buku ayatullah Khomeini, sebelum ia membaca bukunya pasti dia sudah menerima apapun yang ditulis oleh Ayatullah Khomeini di buku tersebut.

Seorang Muslim Fundamentalis Radikal ketika menemukan buku Sayyid Qutb, sebelum ia membaca bukunya pasti dia sudah menerima apapun yang ditulis oleh Sayyid Qutb di buku tersebut.

Dan seterusnya….seperti Qardhawi, Hasan Al Banna, Muhammad Ibnul Wahab, Kang Jalal, Nurcholis, dll

Ciri Kedua

Menolak kemudian membaca.

Jadi ciri kedua ini adalah seseorang yang sudah menolak pemikiran si penulis buku walaupun bukunya/pemikirannya belum dibaca.

Biasanya ini adalah lawan/musuh dari satu kelompok, mazhab, kepercayaan, dll dan ketika bertemua dengan tokoh dari kelompok yang dibencinya,dia langsung menolak.

Contoh

Seorang pengikut Salafy ketika menemukan buku Ayatullah Khomeini, sebelum dia membaca bukunya pasti dia sudah menolak apapun yang ditulis oleh ayatullah khomeni di buku tersebut.

Seorang agamawan ketika menemukan buku marxist, sebelum dia membaca bukunya pasti dia sudah menolak apapun yang ditulis oleh marx di buku tersebut.

Seorang pengikut islam radikal ketika menemukan buku Ulil Abshar Abdallah, sebelum dia membaca bukunya pasti dia sudah menolak apapun yang ditulis oleh ulil abshar abdullah di buku tersebut.

Seorang pengikut Islam liberal ketika menemukan buku Sayyid Qutb, sebelum dia membaca bukunya pasti dia sudah menolak apapun yang ditulis oleh Sayyid Qutb dalam buku tersebut.

APAKAH SELAIN DARI 2 CIRI TERSEBUT, APAKAH MASIH ADA CIRI YANG KETIGA ????????????

Iklan

Tentang laboratoriumpencerahan

I'm a student......
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s