5 Jalan Menuju Tuhan Diluar Kitab Suci

Apakah Tuhan bisa ditemukan tanpa melalui wahyu ?????

Jawaban pertanyaan itu saya temukan pada buku Thomas Aquinas yang mengungkapkan 5 teori tentang Tuhan :

1. Teori Sebab – Akibat

2. Teori Gerak

3. Teori Keteraturan

4. Teori Tingkatan Kualitas

5. Teori Ada Vs Tiada

1. Teori Sebab – Akibat Teori ini yang umum diketahui bahwa realitas memiliki rangkaian sebab-akibat. Dan akan berhenti pada sebab pertama (Prima Causa), Sebab jika tidak berhenti pada sebab pertama yang tidak disebabkan oleh yang lain maka seluruh realitas akan menjadi absurd. Sebab pertama itu disebut Tuhan

2. Teori Gerak Teori ini tidak jauh beda dengan teori sebab-akibat, semua gerak harus memiliki sumber gerak diluar dari dirinya, artinya setiap gerak harus ada yang menggerakkan yang lain. Maka rangkaian gerak tersebut harus berhenti pada gerak pertama. Gerak pertama disebut Tuhan

3. Teori Keteraturan Ilmu pengetahuan menemukan fakta seluruh realitas alam raya ini bergerak pada keteraturan yang sempurna, dimana jika keteraturan ini berubah, maka akan menyebabkan alam raya mengalami kehancuran contohnya jika jarak matahari dengan bumi berubah sepersekian milimeter saja, maka bukan saja bumi yang hancur tapi alam raya juga turut hancur Contoh yang lain jika salah satu bagian tubuh manusia berubah, maka sudah bisa dipastikan akan membunuh manusia), dan masih banyak contoh-contoh keteraturan yang lain.

Pertanyaannya adalah apakah keteraturan sudah sejak awal atau keteraturan itu berevolusi dari ketidakteraturan menuju keteraturan ? Teori evolusi tidak bisa digunakan, sebab jika alam raya ini berangkat dari ketidakteraturan, maka alam raya ini tidak akan sempat mencapai keteraturan, sebab sudah akan hancur terlebih dahulu akibat dari ketidak teraturannya itu. Makanya Teori bahwa alam raya ini sudah teratur sejak awal adalah paling masuk akal. Dan kekuatan untuk menciptakan dan menjaga keteraturan itu disebut Tuhan.

4. Teori Tingkatan Kualitas Fakta menunjukan segala sesuatu dalam realitas ternyata menunjukan tingkatan kualitas Contoh : Buruk – sedikit baik – cukup baik – baik – baik sekali – sangat baik sekali – dst Jelek – Sedikit indah -cukup Indah – indah – indah sekali – sangat indah sekali – dst Pelit sekali – pelit – sedikit dermawan – dermawan – dermawan sekali – sangat dermawan sekali – dst Bodoh sekali – bodoh – sedikit pintar – pintar – pintar sekali – sangat pintar sekali – dst Begitu terus menerus tingkatan tersebut dari yang paling rendah (negatif) menuju ke tinggi (positif) Maka posisi yang tertinggi dari tingkatan tersebut disebut Tuhan.

5. Teori Ada Versus Tiada Hanya ada dan tiada. diluar ada adalah tiada. selain ada adalah tiada. Jika tiada tidak mungkin ada. Maka ada itu hanya satu sebab selain ada adalah tiada. Maka Ada itulah Tuhan

Itulah 5 teori Tuhan dari buku Thomas Aquinas, apakah masih ada teori yang lain jalan menemukan Tuhan diluar Kitab Suci ?

Walaupun semua teori tersebut jika diperiksa dalam kitab suci juga terdapat. Tapi ke lima teori tersebut diungkapkan oleh para Filosof murni yang berbeda dengan filosof agamawan. Filosof murni adalah filosof yang betul-betul mengandalkan akalnya dalam menemukan kebenaran sementara filosof agamamawan adalah filosof yang mendasarkan analisis mereka dengan menggunakan ajaran agama mereka (contoh filosof kristen ataupun filosof muslim)

Tentang laboratoriumpencerahan

I'm a student......
Pos ini dipublikasikan di Kajian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s