Plagiator Kecil-kecilan (Catatan-catatan dalam liburan)

Setiap manusia memiliki dua sisi yang harus dibangun……sisi pertama adalah sisi internal…..

Sisi internal lebih kedalam diri manusia berupa sifat, karakter, perasaan, hati, rendah hati, dsb (Upaya membangun diri)

Sisi eskternal lebih ke citra diri pada orang lain……dinilai hebat, dinilai ganteng, dinilai pintar oleh orang lain (upaya membangun citra pada orang lain)

Satu ketika saya ke kampus tanpa disengaja membaca majalah dinding di salah satu fakultas……dan majalah dinding itu dimuat beberapa tulisan…..

setelah membaca dan memperhatikan tulisan itu….saya yakin itu adalah catatan-catatan yang saya tulis dan dimuat di FB…..tapi dimajalah dinding tersebut…..ditulis nama lain (bukan nama saya) sebagai penulisnya….

Aha……ini sebuah praktek plagiator kecil-kecilan….saya tersenyum……

Bagi saya tindakan itu tidak masalah tapi tindakan plagiat sebenarnya berfek negatif pada pelaku……….

Fenomena ini juga saya temukan pada catatan-catatan di beberapa FB, dimana tulisan itu ternyata tulisan orang lain.

Si pelaku plagiator membangun citra dirinya pada orang lain, akan tetapi bukan citra dirinya sebenarnya…akan tetapi citra yang palsu…..artinya dia dikenal orang lain bukan sebagai dirinya yang asli….

dia akan dianggap pintar menulis…..padahal tulisan yang digunakan untuk membangun citra itu tulisan yang orang lain…..

Ini berlawanan dengan konsep kejujuran….

bayangkan…..pada satu saat orang lain tahu bahwa tulisan itu bukan tulisannya sediri……maka penilaian orang akan negatif kepadanya.

Trus efek berikutnya adalah si pelaku plagiat tidak akan pernah berlatih untuk menulis….tidak akan pernah keluar dari kekurangannya tersebut….sebab terus mengharapkan dari orang lain.

Untuk itu saran saya bagi para plagiator kecil-kecilan agar supaya lebih berlatih menulis dan percaya diri dengan kemampuan diri sendiri…..

……………..

Citra yang dibangun secara eksternal itu penting….akan tetapi membangun diri (hati) itu lebih penting….sebab citra diri akan terbangun positif….jika hati kita bersih….

Tentang laboratoriumpencerahan

I'm a student......
Pos ini dipublikasikan di Catatan Harian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

