Di jual atau Di beli ?

Mengunjungi toko buku menjadi salah satu pilihan untuk mengisi waktu sambil menunggu pembimbing 1 dalam pemulihan kesehatannya. Dengan harapan meng-up date informasi tentang buku-buku terbitan yang baru.

Ketika sedang asyik membolak-balik buku-buku terbitan baru, tiba-tiba melintas didepanku seorang wanita. Penampilannya biasa saja, tapi kaos yang dipakainya menarik perhatianku….kaos warna merah….ada tulisan cukup besar di punggungnya dengan warna putih….nah…secara spesifik tulisan itulah yang menarik perhatianku….dengan kontras warna merah-putih maka tulisan akan menarik perhatian….apalagi arti/makna tulisannya…lebih menarik perhatian.

Tulisannya adalah “SALE !!!”………

yang jika diartikan secara sederhana….maka memiliki arti “dijual” atau “diobral”……saya jadi tersenyum dan berpikir :

1. Wanita itu tahu arti kata yang tertulis di kaosnya…dan dia sengaja memakai kaos tersebut…🙂 atau

2. Wanita itu tidak tahu arti kata yang tertulis di kaosnya….artinya dia hanya melihat fungsi kaos, tanpa peduli apa yang tertulis.🙂

Tapi tulisan tersebut akan menimbulkan penafsiran bermcam-macam bagi siapa saja yang membacanya…..apa maksudnya “Dijual” ? apa yang “dijual” ? 🙂

bagi hermeneutika…maka yang paling mengerti makna dan kenapa kata itu digunakan adalah penulis kata atau pengguna kata….sementara pembaca “terjebak” pada ruang spekulatif dan relatif dalam membaca dan memaknai tulisan….

itulah sebabnya setiap teks jika perlu ditafsirkan atau dijelaskan…..maka paling benar tafsirannya dan yang paling tepat penjelasannya adalah penulis sendiri….ataupun orang lain….maka orang lain tersebut adalah orang benar-benar memahami karakter, keinginan, maksud bahkan kehidupan si penulis…..

kembali ke wanita berkaos yang tertulis “SALE !!!” tadi…….saya jadi ingat beberapa kali saya menemukan mobil atau motor bahkan rumah  yang ditempeli kertas tertulis “dijual”….itu artinya mobil/motor atau rumah itu dijual….akan tetapi yang muncul dipikiran saya adalah….ketika tertulis “mobil ini dijual”…..maka tulisan itu juga bermakna “Belilah mobil ini”

padahal kata “Jual” dan “Beli” adalah kata yang berlawanan…..akan tetapi ketika ditempatkan pada satu kalimat tertentu….maka kata “jual” dan kata “beli” tadi memiliki maksud yang sama….

“Mobil ini dijual”…..bandingkan dengan…..”Belilah mobil ini”…..sama khan maksudnya ?🙂

itu artinya…untuk menunjukan atau mengutarakan satu maksud tertentu….bisa dengan menggunakan kalimat yang berbeda-beda….”berbeda tapi maksudnya sama”…hal ini juga kita temukan pada kehidupan kita sehari-hari….terkadang kita menemukan perbedaan-perbedaan padahal pada intinya sama…🙂

Tapi ada juga kalimat yang memiliki satu makna tertentu….tapi maksud si pengguna kalimat justru berlawanan dengan makna asli dari kalimat itu…..teori ini saya dapatkan dari sahabat saya…..

jadi menurut dia :

Jika kekasih atau pasangan kita marah dan berkata “biarkan saya pergi !!!”….itu artinya “jangan biarkan saya pergi”

Jika kekasih atau pasangan kita berkata “jangan datang !!!”….itu artinya “datanglah !!!!”

Jika kekasih atau pasanga kita berkata “tinggalkan saya !!!! ….itu artinya “jangan tinggalkan saya !!!!”

dan seterusnya…..

mendengar penjelasannya….saya hanya termangu dan berkata “ooooo…gitu ya ?”

pasti teori teman saya ini membingungkan para filusuf Oxford….terutama Wittgenstein…whitehead…Russel..Moore….dan terutama  si A.J. Ayer….yang berpendapat kebenaran itu diukur dari bahasa yang dipakai/digunakan….

saya yakin mereka pasti bingung….bisa-bisanya kalimat “biarkan saya pergi !!!!!”….itu berarti “jangan biarkan saya pergi !!!!”…….aneh

🙂

(avatarwijaya.bandung.10.03.20.11.08.34)

Tentang laboratoriumpencerahan

I'm a student......
Pos ini dipublikasikan di Catatan Harian, Kajian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s