Hasil Diskusi Ringan Dengan Seorang Sahabat Tentang Sistem Pemerintahan Islam

1. sebenarnya diskusi tentang demokrasi an sich…masih menarik lho….sebab demokrasi masih dalam domain khilafiyah….artinya para ulama/cendikiawan/intelektual muslim bersepakat menghukumi demokrasi….

2. dengan membandingkan demokrasi …yang dikembangkan di eropa/amerika dengan demokrasi yang dikembangkan di negara-negara Islam ditambah kajian terhadap sistem pemerintahan di negara-negara Arab.

3. Kita juga bisa menemukan perdebatan para ulama-ulama klasik tentang sistem pemerintahan, ulama modern dan ulama-ulama kontemporer.

4. ada Vilayatul Faqih ; Khomeini….ada Theokrasi ; Abul A’la Maududi…Ada emir ; Abdul Wahab….ada khilafah ; an nabhani….belum lagi versi al mawardi…versi Farabi….versi Ikhwanul Muslimin;al bana…versi negara-negara Arabb (Arab Suadi, Kuwait, uni emirat arab, yaman, dll)…..ada versi MuamarKhadafi….dan seterusnya…..(tapi sahabat diskusi saya berbisik…kok ada saudara-saudara kita pake kaca mata kuda…hanya lihat sistem yang dianutnya tapi buta dengan sistem yang lain)

5. Perkembangan dan modernisasi struktur dan infrastruktur dalam masyarakat kontemporer….yang coba disesuaikan dengan nilai-nilai dasar Islam…coba dibangun oleh para ulama kontemporer…yang mau tidak mau melakukan modifikasi atas sistem pemerintahan…yang dalam mainstrem utama pemikiran Islam tidak ada yang baku…sebab Rasul tidak mewasiati ummatnya bentul dan model pemerintahan dan kepemimpinan ummat.

6. beberapa  ijtihad oleh para sahabat dan para tabi’in

a. versi pengangkatan abu Bakar

b. versi pengangkatan Umar

c. versi pengangkatan utsman

d. versi pengangkatan Ali

e. versi pasca ali dan seterusnya…..

menjadi bukti sistem pemerintahan selalu berubah, berdasarkan macam2 (biasa rezim berkuasa, bisa situasi dan kondisi, bisa tuntutan masyarakat, peperangan, dll)

7. pada keluasan wacana seperti inilah….tawaran demokrasi versi Islam untuk menjadi sistem kontemporer pada masyarakat Islam menjadi bahan yang menarik untuk di diskusikan

8. seorang sahabat berkata….gagasan-gagasan tentang pemerintahan Islam yang disusun berpuluh bahkan beratus tahun yang lalu….sudah saatnya kita kritisi….soalnya perkembangan sudah sangat pesat…..akan tetapi tetap berpegang teguh nilai dasar ajaran Islam…..saya mengiyakan hal itu.

9. saya bertanya Nilai dasar itu apa contohnya ? Sahabat saya itu menjawab “seperti ketahuidan…keadilan, kebersamaan, aspirasi arus bawah, kesetaran, transparansi, kontrol/evaluasi…dan setrusnya

10. saya menjawab….”wah…itu akan jadi perdebatan panjang…tapi itulah gunanya diskusi dan riset.

🙂

(avatarwijaya.bandung.09.03.20.11.09.42)

Tentang laboratoriumpencerahan

I'm a student......
Pos ini dipublikasikan di Catatan Harian, Sahabat. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s